PENERAPAN METODE REWARD UNTUK MEMOTIVASI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA

Feliska, Hasna Hanifah (2024) PENERAPAN METODE REWARD UNTUK MEMOTIVASI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
(3) BISMILLAH FIX SKRIPSI - PENERAPAN METODE REWARD UNTUK MEMOTIVASI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS MUHAMMADIYAH 04 PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode reward merupakan metode pembelajaran yang menggunakan hadiah yang berbentuk verbal maupun nonverbal sebagai alat untuk memotivasi siswa dalam mencapai perilaku yang positif. Motivasi sebagai salah satu faktor keberhasilan suatu proses pembelajaran masih menjadi permasalahan di dunia pendidikan karena beberapa faktor. Seperti halnya dengan siswa di MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga, motivasi yang kurang menjadi suatu permasalahan dalam peroses pembelajaran dan adanya upaya dari guru untuk meminimalisir hal tersebut yaitu dengan menerapkan metode reward. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan metode reward yang diterapkan oleh guru dan bagaimana metode ini dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga, Kaligondang, Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Kemudian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif sedangkan metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini diantaranya kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas VII sedangkan objek penelitiannya ialah metode reward yang diterapkan dengan tujuan memotivasi siswa. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode reward di kelas VII MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga dalam pembelajaran bahasa Arab, meliputi persiapan dan pelaksanaan. Tahapan persiapan, guru menyiapkan materi pembelajaran bahasa Arab, soal latihhan, strategi metode reward, dan target siswa yang menerima reward. Tahapan pelaksanaan, guru memberikan latihan soal kemudian latihan soal tersebut dikerjakan oleh siswa dan siswa dimintai untuk menjawab secara lisan maupun tulisan. Kemudian, pemberian reward berupa nilai tambahan yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk memotivasi siswa. Pemberian nilai ini mampu memotivasi siswa terbukti dari responden siswa yang mengakui bahwa merasa senang dan lebih bersemangat diberikan nilai tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Reward, Motivasi, Nilai Tambahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Feliska Hasna Hanifah sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:09
Last Modified: 16 Jul 2024 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item