MERAUP REZEKI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (ANALISIS PENAFSIRAN HAMKA TENTANG AYAT-AYAT REZEKI)

Ahmad, Muslih (2024) MERAUP REZEKI PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN (ANALISIS PENAFSIRAN HAMKA TENTANG AYAT-AYAT REZEKI). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AhmadSirojMuslih,MeraupRezekiPadaMediaSosialTikTokDalamPerspektifAl-Qur'an.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meraup Rezeki Pada Media Sosial Tiktok Dalam Perspektif Al-Qur’an (Analisis Penafsiran Hamka tentang Ayat-ayat Rezeki) Ahmad Siroj Muslihhudin NIM. 1917501060 Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Jurusan Studi Al-Qur’an dan Sejarah Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto Jl. A. Yani 40-A (+62-281)-635624 Purwokerto 53126 Meraup rezeki melalui pemasaran melalui media sosial, termasuk TikTok, dapat memiliki dampak positif bagi banyak masyarakat semua khalayak, TikTok mampu memberikan kemudahan bagi penjual maupun pembeli, sehingga ketika hal itu terus dilakukan maka mencari rezeki dapat lebih mudah dicapai. Hamka berpendapat bahwa islam memerintahkan untuk bekerja keras, urusan rezeki sangat berbanding lurus dengan besarnya usaha. Rezeki tidak datang dengan sendiri hanya dengan bekerja keras, selalu berusaha dan disertai do’a dan ketawakalan yang selalu akan mendatanagkan rezeki. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang bagaimana meraup rezeki pada media sosial tiktok dalam perspektif Al-Qur’an (analisis penafsiran Hamka tentang ayat-ayat rezeki). Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah tentang meraup rezeki dan penafsiran Hamka. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Meraup rizki lewat media sosial tiktok dalam perspektif tafsir al-Azhar dapat dilihat dari kondisi media TikTok ini memang tidak dibahas detail oleh Hamka dalam tafsirnya, namun prinsip yang ada dalam pengolahan dan cara kerja serta manfaat yang didapatkan oleh pengguna TikTok ini adalah suatu tindakan yang diharapkan serta diperintahkan oleh Allah dalam menjlani hidup. Kata Kunci: Meraup Rezeki, Media Sosial Tiktok, Penafsiran Hamka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meraup Rezeki, Media Sosial Tiktok, Penafsiran Hamka
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Siroj Muslihhudin sdr
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:52
Last Modified: 16 Jul 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26233

Actions (login required)

View Item View Item