IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI KARANGAREN KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS

Etik, Febriana (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI KARANGAREN KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Etik Febriana_Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Karangaren Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lebih mengutamakan peserta didik untuk lebih mendalami konsep serta menguatkan kompetensi dan bertujuan untuk memulihkan pendidikan di Indonesia setelah terjadinya pandemi Covid-19. SD Negeri Karangaren telah menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2021/2022, dan hal ini menimbulkan beberapa dampak yang menjadi permasalahan dalam kegiatan pendidikan di SD Negeri Karangaren. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Karangaren Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. 2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Karangaren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi yang di teliti adalah SD Negeri Karangaren Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas 1, guru kelas 2, guru kelas 4, dan guru kelas 5, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini terdiri dari: 1) Implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Karangaren dimulai dari para pendidik mengikuti berbagai kegiatan seminar, workshop, serta pelatihan yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka ini, guru lebih memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk belajar lebih mandiri dengan motivasi belajar yang peserta didik miliki kemudian pembelajaran akan diakhiri dengan evaluasi pembelajaran terkait materi yang sudah diberikan. Hasil belajar siswa di SD Negeri Karangaren dapat dikatakan berhasil, meskipun masih terdapat kendala yang dihadapi. 2) Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka. Faktor penghambat meliputi motivasi dan minat belajar siswa masih kurang, dukungan orang tua dan manajemen waktu. Sedangkan untuk faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri karangaren yaitu kepemimpinan kepala sekolah yang baik. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Siswa, SD Negeri Karangaren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar Siswa, SD Negeri Karangaren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Etik Febriana sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:35
Last Modified: 16 Jul 2024 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26230

Actions (login required)

View Item View Item