PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELJARN FIQIH DI MTS MODERN AL-AZHARY ISLAMIC BOARDING SCHOOL AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

SUKMA PUJI NURATNA, 1323301054 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PEMBELJARN FIQIH DI MTS MODERN AL-AZHARY ISLAMIC BOARDING SCHOOL AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
SUKMA PUJI NURATNA_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhary (Islamic Boarding School) Ajibarang di kelas VIII B dan kelas VII B yang dapat membantu guru dalam penyampaian materi dan dapat melibatkan semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs modern Al-Azhary Ajibarang, rata-rata siswa mampu berperan aktif dalam suatu pembelajaran dan menjadikan nilai akademik siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini aalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhary (Islamic Boarding School) Ajibarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs moern Al-Azhary Ajibarang. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapa saja yang membacanya serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian yang selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Fiqih di MTs modern Al-Azhay Ajibarang diperoleh hasil bahwa guru Fiqih di kelas VIII B dan VII B MTs modern Al-Azhary Ajibarang telah menggunakan model pembelajaran kooperataif dengan empat tipe yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD), Think Pair Share (TPS), Number Heads Together (NHT), dan tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:17
Last Modified: 18 Aug 2017 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item