UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA DIGITAL DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA

LAELATUL, KHAMDIYAH (2024) UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA DIGITAL DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELATUL KHAMDIYAH_UPAYA GURU BK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ERA DIGITAL DI MTS NEGERI 2 PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi telah membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Di satu sisi, teknologi menawarkan banyak manfaat untuk membantu pendidikan, namun kemajuan teknologi dapat mengganggu semangat belajar siswa. Ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti tingkat distraksi yang berlebihan dan kemudahan akses ke media sosial, game online, dan platform hiburan lainnya. Penelitian ini akan membahas bagaimana upaya Guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada era digital di MTs Negeri 2 Purbalingga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik Kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya Guru BK dalam meingkatkan motivasi belajar pada era digital di MTs Negeri 2 Purbalingga sudah cukup baik. Guru BK telah melaksanakan dengan baik sesuai dengan 5 tingkat kebutuhan dasar dalam memotivasi menurut Abraham Maslow terutama kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, dan kebutuhan cinta kasih sayang. Namun, pada tingkatan kebutuhan akan keamanan dan kebutuhan aktualisasi diri Guru BK belum melakukannya dengan maksimal disebabkan karena masih kurangnya dorongan dari pihak lain. Guru bimbingan dan konseling berupaya meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital dengan cara menyediakan program layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan penggunaan teknologi digital, mengembangkan media konseling melalui konten digital, menyediakan akses informasi digital, pendampingan di era digital, dan mengajarkan etika berdigital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru BK, motivasi belajar, era digital
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: LAELATUL KHAMDIYAH
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:26
Last Modified: 16 Jul 2024 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26213

Actions (login required)

View Item View Item