GRANDPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DAN SPIRITUAL ANAK PADA ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI DESA DATAR KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS)

Prio Afdi, Nurahman (2024) GRANDPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN DAN SPIRITUAL ANAK PADA ORANG TUA MERANTAU (STUDI KASUS DI DESA DATAR KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Prio Afdi Nurahman PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Grandparenting merupakan cara pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek. Dalam situasi ini, orang tua sibuk bekerja sehingga pengasuhan anak diserahkan kepada kakek dan nenek. Di Desa Datar, terdapat seorang kakek dan nenek yang merawat enam cucu mereka karena orang tua anak-anak tersebut bekerja di luar pulau atau di luar negeri. Pola asuh grandparenting memiliki karakteristik tersendiri, yang sangat berpengaruh dalam mendidik anak, khususnya dalam hal karakter kepribadian dan spiritualitas. Metode pengasuhan yang salah dalam grandparenting dapat berdampak besar pada perkembangan kepribadian dan spiritualitas anak saat dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana grandparenting mempengaruhi pembentukan kepribadian dan spiritualitas anak di Desa Datar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengkaji suatu peristiwa. Dengan sumber primer sepasang kakek dan nenek, sedangkan sumber sekunder yakni orang tua dan tiga cucu. Data dikumpulkan melalui tiga teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data, digunakan metode reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitin menunjukan terdapat beberapa bentuk kepribadian yang dibentuk oleh kakek dan nenek seperti kesopanan dalam berinteraksi sesama teman maupun orang tua, disiplin dalam mengerjakan tugas rumah yaitu menyapu, mengepel, mencuci dan mengerjakan tugas sekolah. Serta hasil lain menunjukan bahwa bentuk karakter spiritual yang dibentuk oleh kakek dan nenek yaitu: mengerjakan sholat lima waktu, membaca doa sebelum melakukan aktifitas dan mengaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grandparenting, Kepribadian Anak, Spiritual Anak, Orang Tua Merantau
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.4 Child Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.5 Psychology of Young People
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Prio Afdi Nurahman Sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:54
Last Modified: 15 Jul 2024 08:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item