Implementasi Strategi Pembelajaran Inquiry pada Pembelajaran IPS Kelas V di MI Muhammadiyah Penaruban Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017

Anggit Widji Trisnani, 1323305010 (2017) Implementasi Strategi Pembelajaran Inquiry pada Pembelajaran IPS Kelas V di MI Muhammadiyah Penaruban Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANGGIT WIDJI TRISNANI_IMPLEMENTASI STRATEGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kelas V di MI Muhammadiyah Penaruban, adalah kelas yang sudah menerapkan strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS kelas V di Muhammadiyah Penaruban Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajaran inquiry. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi strategi pembelajaran inquiry pada pembelajaran IPS kelas V. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, dan verifiasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan stratregi inquiry sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di BAB II. Pembelajaran dengan mengimplikasikan strategi pembelajaran inquiry di MI Muhammadiyah Penaruban meliputi kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai pada penyusunan RPP. Kegiatan inti pembelajaran atau pelaksanaan pembelajaran guru kelas V ini dengan menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran inquiry yakni, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan dihadapkan pada suatu persoalan yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis atau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan pada setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara mmemberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan arahan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukkan bahwa MI Muhammadiyah Penaruban telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran inquiry untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam KBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran inquiry, IPS.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:37
Last Modified: 18 Aug 2017 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item