PERILAKU KONSUMSI APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PERSPEKTIF EKONMOI SYARIAH (Studi Kasus pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purbalingga)

Rukmawan, Suci Laswono (2024) PERILAKU KONSUMSI APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PERSPEKTIF EKONMOI SYARIAH (Studi Kasus pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purbalingga). Masters thesis, UIN Prof KH Saifudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rukmawan 201761014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumsi aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Purbalingga sebagai OPD dengan seluruh jajarannya beragama Islam perlu menerapkan prinsip perilaku konsumsi dalam perspektif Ekonomi Syariah> yaitu, menerapkan prinsip keadilan, selalu memastikan kebersihan barang yang dikonsumsi maupun sumber hartanya, menjaga sikap sederhana dalam membelanjakan hartanya dan selalu bersikap murah hati. Perilaku konsumsi ASN Dinpermasdes bersifat heterogen, diantaranya pada perilaku konsumsi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku konsumsi ASN Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga, berdasarkan perspektif ekonomi syariah serta faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan field reserch dengan metode kualitatif. Data yang diolah adalah hasil dari wawancara terhadap informan aparatur sipil negara Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi ASN Dinpermasdes Kab Purbalingga dalam perspektif ekonomi syariah belum diterapkan semua sesuai dengan prinsip-prinsip dasar ekonomi syariah. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi ASN Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga dalam perspektif ekonomi syariah adalah faktor internal dan faktor eksternal, yaitu: faktor gaya hidup, teman pergaulan, dan motivasi, persepsi dan pembelajaran, usia, dan faktor kelas sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku konsumsi, prinsip dasar ekonomi syariah, Aparatur Sipil Negara
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rukmawan Suci Laswono
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:31
Last Modified: 15 Jul 2024 08:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26196

Actions (login required)

View Item View Item