IMPLIKASI PELEPASAN NAFKAH TERHADAP RELASI ANAK DAN ORANG TUA (Studi Kasus di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto)

Meta, Olivia Isnaeni (2024) IMPLIKASI PELEPASAN NAFKAH TERHADAP RELASI ANAK DAN ORANG TUA (Studi Kasus di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saiffudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Meta Olivia Isnaeni_Implikasi Pelepasan Nafkah terhadap Relasi Anak dan Orang Tua (Studi Kasus di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hak anak merupakan salah satu hak asasi manusia yang harus terpenuhi. Pemenuhan atas hak anak merupakan tanggung jawab orang tua, salah satunya adalah pemenuhan nafkah anak. Fenomena dimana orang tua menitipkan anak ke panti asuhan karena alasan kemiskinan menjadi jalan alternatif agar anak tetap dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal, namun setelah berada di panti orang tua kurang memperhatikan pemenuhan hak dan kewajiban mereka bahkan ada ayah yang melepaskaan tanggung jawabnya. Hal ini secara otomatis akan mengganggu tumbuh kembang anak secara maksimal yang pada akhirnya menjadi bertolak belakang dengan tujuan utama orang tua menitipkan anaknya ke Panti Asuhan tersebut. Permasalahan kelalaian pemenuhan nafkah anak dari orang tuanya menjadi penting untuk dipahami dan diselesaikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana relasi dan pemenuhan hak kewajiban orang tua terhadap anak serta menganalisis dampak pelepasan nafkah terhadap relasi dan kesejahteraan anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field researc), dengan lokasi penelitian di Panti Asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto. Peneliti menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pemenuhan hak dan kewajiban orang tua terhadap anak di panti asuhan Dharmo Yuwono Purwokerto belum maksimal. Orang tura, terutama ayah ada yang merlerpaskan tanggurng jawab merrerka terrhadap anaknya. Implikasi hukum orang tua yang melalaikan tanggung jawabnya terhadap anak dapat dilakukan pengawasan atau dicabutnya kekuasaan orang tua terhadap anak tersebut, namun orang tua tetap bertanggung jawab secara hukum untuk memberikan nafkah. Implikasi psikologis anak, mengakibatkan kecemasan, rasa tidak berharga, rendahnya tingkat kepercayaan diri, kesulitan membangun hubungan yang sehat, dan sulit untuk menaruh kepercayaan. Implikasi sosiologis, mengakibatkan kesulitan bersosialisasi karena kurangnya dukungan sosial pada perkembangan emosional dan sosial untuk mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelepasan nafkah, Panti Asuhan, relasi anak dengan orang tua
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat
300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Meta Olivia Isnaeni sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:21
Last Modified: 15 Jul 2024 08:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26194

Actions (login required)

View Item View Item