IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 3 MANDIRAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KABUPATEN BANJARNEGARA

TOHIRIN, TOHIRIN (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 3 MANDIRAJA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 KABUPATEN BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN PROF. KH.SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Tohirin tesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK : Karakter adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu individu. Ciri khas tersebut asli dan mengakar pada kepribadian individu tersebut, serta merupakan faktor yang mendorong seseorang bertindak, bersikap, berucap, dan merespon sesuatu. Pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk membantu manusia memahami, peduli tentang dan melaksanakan nilai-nilai etika. Pendidikan karakter dapat diterapkan menggunakan berbagai cara salah satunya melalui metode pembiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi pendidikan karakter melalui metode pembiasaan di kelas VIII SMP Negeri 3 Mandiraja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembiasaan telah dilakukan dengan baik, yang dalam pelaksanaanya dilakukan dalam tiga bentuk kegiatan yakni kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian teladan, dan kegiatan terprogram. Kata Kunci : Pembiasaan , Peranan guru, Pendidikan karakter, ABSTRACT: Character is a characteristic possessed by an individual. These characteristics are genuine and rooted in the individual's personality, and are factors that encourage a person to act, behave, say and respond to something. Character education is a conscious effort to help humans understand, care about and implement ethical values. Character education can be implemented using various methods, one of which is through the habituation method in daily activities. This research aims to describe the process of implementing character education through the habituation method in class VIII of SMP Negeri 3 Mandiraja. This study used descriptive qualitative method. The research results show that implementing character education through the habituation method has been carried out well, which is carried out in three forms of activities, namely routine activities, spontaneous activities, role modeling and programmed activities. Keywords: Habituation, Teacher's role, Character education,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tohirin Tohirin sdr
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:47
Last Modified: 23 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item