EFEKTIVITAS CONCEPT MAP BERBANTUAN MEDIA RAGAM KOTAK MISTERIUS TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH

Nur, Indriyati (2024) EFEKTIVITAS CONCEPT MAP BERBANTUAN MEDIA RAGAM KOTAK MISTERIUS TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nur Indriyati_Efektivitas Concept Map Berbantuan Media Ragam Kotak Misterius terhadap Hasil dan Motivas.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dasar yang bertujuan untuk menanamkan dan membiasakan nilai-nilai kehidupan demokratis dan sosial kemasyarakatan melalui berbagai aktivitas kelas. Namun, hasil dan motivasi belajar siswa belum optimal sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat. Maka dilakukan penelitian eksperimen dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan concept map berbantuan multimedia interaktif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran yang bernama media ragam kotak misterius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas concept map berbantuan media ragam kotak misterius terhadap hasil dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas VI B sebagai kelas eksperimen dan VI A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah tes berbentuk uraian, sedangkan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa digunakan angket motivasi. Uji hipotesis menggunakan uji Normalized Gain untuk membandingkan nilai pretest dan posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, serta skor motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan (treatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-Gain hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 0,72 (72%), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,35 (35%). N-Gain motivasi belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 0,77 (77%), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,21 (21%). Uji hipotesis menunjukkan bahwa skor N-Gain hasil dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulannya, pembelajaran menggunakan concept map berbantuan media ragam kotak misterius diniliai efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR INDRIYATI
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:24
Last Modified: 15 Jul 2024 08:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item