PERAN GURU UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELAS B2 DI TK TUNAS RIMBA 1 PURWOKERTO

Lathiifatuzzahra, Faizul Itsna (2024) PERAN GURU UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELAS B2 DI TK TUNAS RIMBA 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddi Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FAIZUL ITSNA L_PERAN GURU UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELAS B2 DI TK TUNAS RIMBA 1 PURWOKERTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan pendidik professional yang memiliki berbagai macam peran yang dapat mengoptimalkan dan mengupayakan dalam perkembangan seluruh potensi anak usia dini. Hal tersebut membuat pentingnya peran guru dalam menanamkan kemandirian anak usia dini. Kemadirian merupakan salah satu potensi anak usia dini yang dapat dioptimalkan melalui peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Mengoptimalkan kemandirian anak usia dini akan memberikan pondasi yang kuat untuk anak-anak untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian lapanan atau field research yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan data, dan keabsahan data dengan teknik triagulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran guru untuk mengoptimalkan kemandirian anak usia dini di kelas B2 TK Tunas Rimba 1 Purwokerto, diantaranya: guru sebagai fasilitator dan mediator dapat mengoptimalkan kemandirian anak untuk menentukan dan menentukan pilihannya sendiri, guru sebagai evaluator, mediator, pendidik, dan motivator dapat mengoptimalkan tanggung jawab serta berani mengambil konsekuensi, peran guru sebagai motivator dan pendidik dapat mengoptimalkan rasa percaya diri, terakhir peran guru sebagai pendidik dan pengelola kelas dapat mengoptimalkan kemandirian anak terkait penyesuaian diri dengan lingkungannya. Kata Kunci : Peran Guru, Kemandirian , Anak Usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Faizul Itsna Lathiifatuzzahra
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:39
Last Modified: 15 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26173

Actions (login required)

View Item View Item