Analisis Kemampuan Kognitif ditinjau dari Self Concept Matematis Siswa Kelas X SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh

Dhamayanti, Dhella (2024) Analisis Kemampuan Kognitif ditinjau dari Self Concept Matematis Siswa Kelas X SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dhella Dhamayanti_Analisis Kemampuan Kognitif ditinjau dari Self Concept Matematis Siswa Kelas X SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan dalam proses berpikir yang mendasari pengetahuan kecerdasan seseorang. Kemampuan kognitif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, hal ini terkait dengan konsep matematika yang membutuhkan pemahaman dan penalaran tingkat tinggi. Selain kemampuan kognitif terdapat faktor lain yang mempengaruhi pembelajaran matematika yaitu self concept matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif ditinjau dari self concept matematis siswa kelas X SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X jurusan Farmasi SMK Kesehatan Bhakti Husada Sumpiuh yang dikelompokan menjadi 3 kategori yaitu kategori self concept matematis rendah, sedang, dan tinggi dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan kognitif dan angket self concept matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif, angket self concept matematis, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi, serta triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tinggi rendahnya kemampuan kognitif siswa akan mempengaruhi tingkat self concept matematis yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif Matematis Self Concept
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dhella Dhamayanti
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:02
Last Modified: 15 Jul 2024 08:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26165

Actions (login required)

View Item View Item