Implementasi Media Grafis Dalam Pembelajaran Mufrodat Bagi Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas

Lucky, Dharman Syah (2024) Implementasi Media Grafis Dalam Pembelajaran Mufrodat Bagi Siswa Kelas VIII MTs Ma'arif NU 1 Kedungbanteng Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fix_LuckyDharmanSyah_2017403050.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Media Grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atu gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat angka-angka, dan simbol atau gambar. Grafis biasanya digunakan untuk menarik perhatian, memperjelas Sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan diingat orang. Media grafis adalah semua media visual yang menyajikan fakta, gagagsan atau kejadian melalui kombinasi pengungkapan kata, kalimat, angka, gambar, ataupun simbol-simbol visual yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendepkripsikan implementasi media grafis dalam pembelajaran mufrodat siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, serta mendepkripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi media grafis pembelajaran mufrodat siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab, kepala sekolah, dan siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa media grafis yang diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng yaitu media grafis dalam bentuk kartu, poster dan powerpoint. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian media grafis dalam pembelajaran bahasa Arab berikut merupakan faktor pendukung dalam penerapan media grafis yaitu peranan guru, antusias siswa, adanya media yang mudah ditemukan dan dibuat. Adapun faktor penghambat dalam penerapan media grafis dalam pembelajaran bahasa Arab adalah Kesulitan Memvisualisasikan, Terbatas pada Konten yang Sederhana, dan Terbatas pada Konten yang Sederhana. Kata Kunci : Media Grafis, Mufrodat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Grafis, Mufrodat
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lucky Dharman Syah
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:40
Last Modified: 16 Jul 2024 06:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26161

Actions (login required)

View Item View Item