PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) CHATGPT SEBAGAI SUMBER INFORMASI TUGAS KULIAH

Annisa, Ayu (2024) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) CHATGPT SEBAGAI SUMBER INFORMASI TUGAS KULIAH. Skripsi thesis, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AYU ANNISA_PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) CHATGPT SEBAGAI SUMBER INFORMASI TUGAS KULIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Persepsi adalah sebuah proses di mana seseorang mengorganisasikan dan menginterpretasikan kesan-kesan sensorisnya dalam usahanya memberikan makna. Dalam menghadapi kemajuan teknologi, mahasiswa memiliki berbagai persepsi mengenai penggunaan artificial intelligence khususnya ChatGPT di lingkup kegiatan perkuliahan. Kegiatan perkuliahan yang berkaitan dengan ChatGPT yakni proses pengerjaan tugas kuliah. Sebagai platforfm sumber informasi kecerdasan buatan yang mampu menjawab berbagai pertanyaan secara praktis dan mudah, ChatGPT sering kali menjadi alat andalan mahasiswa dalam mendapatkan referensi tugas kuliahnya. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data. Adapun teknik tersebut yakni meliputi observasi, wawancara mendalam dengan sejumlah informan yakni mahasiswa dari program studi Komunikasi Penyiaran Islam dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan ChatGPT sebagai sumber referensi tugas kuliah mereka. Dari hasil penelitian, dapat di ambil hasil bahwa mahasiswa mengakui kemudahan dan kecepatan dalam mendapatkan informasi yang relevan, meskipun beberapa di antara mereka menyadari pentingnya verifikasi dan kritisisme terhadap informasi yang diperoleh. Implikasi dari temuan ini menyoroti perlunya pendekatan pendidikan yang memadukan pemanfaatan teknologi dengan pengembangan keterampilan kritis untuk memastikan integritas akademik dan pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ayu Annisa
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:26
Last Modified: 15 Jul 2024 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item