Isnaeni Nur, Amalia (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW UNTUK MEMBENTUK BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV MI MA’ARIF CINYAWANG PATIMUAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ISNAENI NUR AMALIA_IMPLEMENTASI STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI MA'ARIF CINYAWANG PATIMUAN CILACAP.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih kurang, hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga membuat siswa cenderung kurang aktif, membuat siswa merasa cepat bosan dan tidak fokus. Alternatif yang digunakan oleh guru salah satunya adalah dengan menggunakan strategi jigsaw, dengan menggunakan strategi jigsaw dapat berperan aktif, meningkatkan peserta didik untuk berpikir kritis dan membangkitkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV MI Ma’arif Cinyawang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dalam bentuk penelitian lapangan (Field Research), subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah dilakukannya penelitian, diperoleh hasil bahwa implementasi strategi jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas IV dianalisis melalui analisis perencanaan, analisis pelaksanaan dan analisis evaluasi. Pada tahap perencanaan guru menyiapkan perangkat pembelajaran berupa modul ajar, kemudian pada tahap pelaksanaan guru menerapkan strategi jigsaw untuk meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran dengan langkahlangkah yang sudah disiapkan. Dengan diterapkannya strategi jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, guru berhasil membuat suasana belajar yang berbeda dan lebih menyenangkan, mengembangkan pemahaman peserta didik, menumbuhkan ketertarikan peserta didik dalam belajar, menemukan pengalaman baru, meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, membuat peserta didik lebih berani bertanya, dan lebih berani mengemukakan pendapat. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatkan keantusiasan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV. Selanjutnya pada tahap evaluasi, guru menggunakan teknik evaluasi yang digunakan yaitu berupa tes tertulis dan tes lisan yang dilakukan secara individual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi Jigsaw |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Isnaeni Nur Amalia sdri |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:49 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 06:49 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26131 |
Actions (login required)
View Item |