Pengaruh Hafalan Juz Amma Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Telkom Purwokerto

Viktorini, Viktorini (2024) Pengaruh Hafalan Juz Amma Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Telkom Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_VIKTORINI_2017407100.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh hafalan Juz Amma terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Telkom Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Telkom Purwokerto yang berjumlah 168 siswa. Populasi tersebut dihitung dengan rumus Slovin, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel sebanyak 118 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis serta dokumentasi yaitu berupa data nilai hafalan Juz Amma siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan statistik uji t. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat pengaruh hafalan Juz Amma terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IX SMP Telkom Purwokerto. Hal ini berdasarkan nilia tstatistik uji ≥ ttabel yaitu 12,922 > 1,65833 dan nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Selain itu diperoleh nilai persamaan regresi yaitu Ŷ = -88,965 + 1,719 X yang artinya antara variabel X yaitu hafalan Juz Amma dan variabel Y yaitu kemampuan berpikir kritis matematis memiliki hubungan positif. Dimana jika variabel X naik 1 satuan maka Y akan mengalami kenaikan sebesar 1,719 satuan. Kemampuan berpikir kritis akan mengalami kenaikan sampai batas ambang positif jika hafalan Juz Amma mengalami kenaikan sebesar 52 satuan. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi hafalan Juz Amma terhadap kemampuan berpikir kritis sebesar 0,594 sehingga pengaruh dari variabel hafalan Juz Amma terhadap kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 59,4% sedangkan 40,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Hafalan, Juz Amma, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hafalan, Juz Amma, kemampuan berpikir kritis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: VIKTORINI VIKTORINI Sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:28
Last Modified: 15 Jul 2024 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26124

Actions (login required)

View Item View Item