PENGARUH BRAND PERSONALITY, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI KASUS: GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS)

Aprilina, Prasetia Mukti (2024) PENGARUH BRAND PERSONALITY, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK SKINCARE SKINTIFIC (STUDI KASUS: GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aprilina Prasetia Mukti_Pengaruh Brand Personality, Social Media Marketing, dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Skincare Skintific (Studi Kasus_ Generasi Z di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Industri kosmetik di Indonesia pada saat ini mengalami perkembangan begitu pesat baik di pasar global maupun nasional. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya persaingan brand luar negeri dengan brand lokal guna menghasilkan produk melalui inovasi baru serta keunggulannya dari segi manfaat, kualitas, dan harga yang ditawarkan di pasaran. Akan tetapi, adanya perkembangan ini, produk lokal menjadi terancam, karena adanya brand luar negeri yang menyalip dengan pesat. Produk skincare Skintific adalah salah satu produk luar negeri dengan tingkat penjualan yang meningkat sangat pesat dalam kurun waktu singkat, serta mengalahkan produk lokal. Generasi Z dalam hal ini dimungkinkan menjadi peran utama sebagai konsumen skincare ini. Hal ini sejalan dengan tingginya tingkat konsumsi yang ada pada karakter generasi Z dibandingkan dengan generasi X,Y, dan baby boomer. Generasi ini juga lebih mempedulikan brand terkenal dan sedang trend tanpa mempedulikan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh brand personality, social media marketing, dan harga terhadap loyalitas konsumen skincare Skintific baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan sampel yakni non probability sampling menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 reponden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan populasi yang digunakan adalah Generasi Z di Kabupaten Banyumas, yang telah menggunakan skincare skintific lebih dari 1 kali. Data diolah menggunakan SPSS versi 26. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand personality berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen skincare skintific, social media marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen skincare Skintific, dan harga berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen skincare Skintific. Sedangkan untuk secara simultan, masing-masing variabel berpengaruh terhadap loyalitas konsumen skincare Skintific pada Generasi Z di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Personality, Social Media Marketing, Harga, dan Loyalitas Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aprilina Prasetia Mukti sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:01
Last Modified: 15 Jul 2024 05:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item