PENGARUH KESEHATAN MENTAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA YATIM PIATU DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA, BANYUMAS

Indriyani, Rakhmawati (2024) PENGARUH KESEHATAN MENTAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA YATIM PIATU DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDRIYANI RAKHMAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelajaran yang disertai perubahan pada seorang siswa dalam sebuah pencapaian berbentuk symbol, angka, huruf, ataupun kalimat sebagai ukuran tingkat keberhasilan siswa dengan standarisasi yang telah ditetapkan untuk mencapai kesempurnaan belajar. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor fisiologis yang meliputi kesehatan dan keadaan fisik dari siswa, serta faktor psikologis yang meliputi minat, bakat, intelegensi. Sedangkan faktor eksternal yaitu dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesehatan mental dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa yatim piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja, Banyumas. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan penyebaran kuisioner. Analisa data menggunakan uji regresi berganda yaitu uji t dan uji F dan dibantu oleh aplikasi IMB SPSS Statistics Versi 26 dan Microsoft Exel. Hasil penelitian menunjukan (1) Taraf kesehatan mental pada siswa yatim piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja dengan presentase 70,8 % dan rincian 17 siswa berada dalam kondisi sedang dan 7, sehingga taraf yang dihasilkan dari kategorisasi kesehatan mental siswa Yatim Piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja dalam kondisi rendah. (2) Taraf kecerdasan emosional pada siswa yatim piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja dengan presentase 79,2% dan rincian 19 siswa dalam kondisi sedang dan 5 siswa, sehingga taraf yang dihasilkan dari kategorisasi kecerdasan emosional siswa Yatim Piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja berada dalam kondisi rendah. (3) Taraf prestasi belajar pada siswa yatim piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja dengan presentase 75,0% dan rincian 18 siswa dalam kondisi prestasi belajar yang sedang dan 6 siswa, sehingga taraf yang dihasilkan berdasarkan kategorisasi prestasi belajar pada siswa Yatim Piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja berada dalam kondisi sedang. (4) Terdapat pengaruh dari variabel kesehatan mental (X1) dan variable kecerdasan Emosional (X2) terhadap variable prestasi belajar (Y) pada siswa yatim piatu di SMA Negeri 1 Sokaraja. Hal ini didapat setelah melakukan uji regresi berganda ( Uji t dan Uji F) dengan hasil akhir memiliki koefisien korelasi secara simultan 0,352 dan dapat dimaknai 35,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Kesehatan Mental, Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Indriyani Rakhmawati sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:44
Last Modified: 15 Jul 2024 04:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item