NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU MERAIH CINTA, MENUJU RIDA-NYA KARYA HUSNI MUBARROK

Safitri, Indah Lestari (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU MERAIH CINTA, MENUJU RIDA-NYA KARYA HUSNI MUBARROK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAFITRI INDAH LESTARI_NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU MERAIH CINTA, MENUJU RIDA-NYA KARYA HUSNI MUBARROK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Pendidikan sangat penting dalam suatu kehidupan sehingga dapat menciptakan keselarasan bagi kemajuan suatu bangsa, khususnya pada bidang akhlak, dengan menanamkan akhlak pada diri seseorang pada usia dini diharapkan dapat menjadi dasar bagi tingkah laku anak tersebut ketika sudah beranjak dewasa. Penanaman nilai akhlak dapat dilakukan dengan berbagai strategi dan cara, salah satunya yakni bisa melalui media pembelajaran seperti buku, salah satunya yakni buku yang berjudul Meraih Cinta, Menuju Rida-Nya karya Husni Mubarrok yang menyajikan beberapa nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat diterapkan pada kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Meraih Cinta, Menuju Rida-Nya karya Husni Mubarrok. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Meraih Cinta, Menuju Rida-Nya meliputi : pertama, nilai pendidikan akhlak kepada Allah SWT yang terdiri dari mencintai Allah, beriman kepada Allah, beribadah kepada Allah, mengingat Allah dan berdoa kepada Allah, kedua Akhlak kepada Rasulullah yaitu meneladani Rasulullah SAW, ketiga Akhlak kepada diri sendiri meliputi bersabar, dermawan dan bertutur kata yang baik, keempat Akhlak terhadap sesama meliputi tolong menolong, toleransi dan saling menasehati, kelima Akhlak terhadap Lingkungan yaitu menjaga lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai Pendidikan Akhlak dan Buku Meraih Cinta, Menuju Rida-Nya
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safitri Indah Lestari sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:05
Last Modified: 15 Jul 2024 08:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26069

Actions (login required)

View Item View Item