Desain Pembiasaan Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah Di Madrasah Diniyah Hidayatussibyan Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo

Kamila, Zahrotinnisa (2024) Desain Pembiasaan Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah Di Madrasah Diniyah Hidayatussibyan Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Kamila Zahrotinnisa_Desain Pembiasaan Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah_2017402071.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berawal dari ketertarikan peneliti terhadap pembelajaran berbasis ahlussunnah wal jama’ah seperti ilmu tajwid dan tahlil yang didesain menjadi sebuah kebiasaan di kelas akselerasi pada Madrasah Diniyah Hidayatussibyan. Desain tersebut dilakukan dalam upaya untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah di Madrasah Diniyah Hidayatussibyan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menambahkan pemahaman mengenai desain pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Diniyah Hidayatussibyan Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Dengan subjek penelitian yaitu Ustadzah kelas akselerasi, Wali Santri, dan Santri. Adapun hasil penelitian dari Desain Pembiasaan Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, yaitu memuat langkah-langkah sebagai berikut: 1) Menganalisis karakteristik santri yang mengikuti kegiatan pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah 2)Merumuskan tujuan pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah 3) Memilih metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah 4) Memanfaatkan media dan materi dalam pelaksanaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah 5) Mendorong santri aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah 6)Menilai dan memperbaiki kegiatan pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah. Keterbatasan peneliti dalam penelitian pembiasaan ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah yang dilakukan dalam ambang waktu tertentu, tidak memprediksi perkembangan yang terjadi dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ahlussunnah Wal Jama’ah, Desain, Madrasah Diniyah, Pembiasaan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x8 Aliran dan Sekte > 2x8.1 Ahlussunnah Wal jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kamila zahrotinnisa sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:37
Last Modified: 15 Jul 2024 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item