OPTIMALISASI MEDIA GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DI DAUROH TA’BIR ARABIYAH TALKS ACADEMY

Wahidah, Nur Rakhmania (2024) OPTIMALISASI MEDIA GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DI DAUROH TA’BIR ARABIYAH TALKS ACADEMY. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Wahidah Nur Rakhmania_OPTIMALISASI MEDIA GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN MAHARATUL KALAM DI DAUROH TA’BIR ARABIYAH TALKS ACADEMY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa arab pada masing – masing tingkatan (dari Tingkat pelajar hingga mahasiswa) menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan dalam keterampilan berbicara dikatakan tidak dapat berfungsi ideal tanpa pembentukan bahan aktif dan menarik. Jika hanya mengandalkan pertemuan disekolah, kemampuan peserta didik mengenai keterampilan berbicara tidak dapat berkembang dengan baik dikarenakan keterbatasan waktu pertemuan. Oleh karena itu, selain dengan pembelajaran formal disekolah, pengembangan keterampilan berbicara Bahasa arab juga dapat dilakukan dengan pendidikan alternatif salah satunya yaitu dengan berpartisipasi dalam kursus Bahasa arab online. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh. Salah satunya adalah Google Meet, yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan berbicara (Maharatul Kalam) di Dauroh Ta’bir Arabiyah Talks Academy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya optimalisasi penggunaan media google meet untuk meningkatkan maharatul kalam di dauroh ta’bir Arabiyah Talks Academy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan latar di kelas dauroh ta’bir Arabiyah Talks academy. Subjek dalam penelitian ini adalah director Arabiyah Talks academy, tentor/pengajar dauroh ta’bir, dan peserta dauroh ta’bir Arabiyah Talks academy. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif menggunakan deskriptif analiti, yaitu mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Dari hasil pengelolaan data dan analisis data yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Optimalisasi media Google Meet untuk meningkatkan maharatul kalam dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. (2) Dari segi materi pelajarannya, peserta dauroh ta’bir mengatakan bahwa materi diterima secara jelas dan menarik sehingga dapat ditangkap dengan mudah. (3) Dari segi media pembelajarannya, peserta dauroh ta’bir mengatakan bahwa media (Google Meet) yang digunakan sangat memudahkan karena dapat memberikan keuntungan bagi peserta dauroh ta’bir dan menjadikan pembelajaran lebih menarik dan fleksibel tempatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Maharotul Kalam, Google Meet
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wahidah Nur Rakhmania sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:34
Last Modified: 15 Jul 2024 06:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26056

Actions (login required)

View Item View Item