PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BOBOTSARI

Rezky, Afrian (2024) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BOBOTSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rezky Afrian_Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh baik secara parsial maupun simultan (bersama-sama) antara konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari yang berjumlah 217 siswa. Sampel penelitian diambil secara acak menggunakan Simple Random Sampling dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 141 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket konsep diri, angket kebiasaan belajar, dan soal tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Sebelum diuji analisis terlebih dahulu melakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh konsep diri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari. Hal ini berdasarkan nilai t_(statistik uji) 5,501 ≥ t_tabel 1,97730 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh sebesar 17,9%. 2) Terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari. Hal ini berdasarkan nilai t_(statistik uji) 6,029 ≥ t_tabel 1,97730, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh sebesar 20,7%. 3) Terdapat pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bobotsari. Hal ini berdasarkan nilai F_(statistik uji) 20,667 ≥ F_tabel 3,06172, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh sebesar 23% oleh konsep diri dan kebiasaan belajar, 77% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Konsep diri, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rezky Afrian
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:32
Last Modified: 15 Jul 2024 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26051

Actions (login required)

View Item View Item