PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO

Khairani, Asyifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khairani Asyifa_Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Salah satu faktor penyebab yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Solusi yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yaitu menerapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian quasi eksperimen, karena terdapat perlakuan yang diberikan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto yang berjumlah 122 siswa. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII A dan kelas VII B dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji t, dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji t terhadap posttest diperoleh nilai 0,000 < 0,05, maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving terhadap kemampuan pemahaman matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran, Thinking Aloud Pair Problem Solving
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khairani Asyifa sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:38
Last Modified: 15 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26035

Actions (login required)

View Item View Item