ETNOGRAFI VIRTUAL (KAJIAN TERHADAP FANSPAGE K-POP DAN K-DRAMA INDONESIA)

MISBAKHUL LAELA, 1323102020 (2017) ETNOGRAFI VIRTUAL (KAJIAN TERHADAP FANSPAGE K-POP DAN K-DRAMA INDONESIA). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar isi-Bab I- Bab V- Daftar pustaka.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
MISBAKHUL LAELA_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Media memiliki peran penting dalam menyosialisasikan budaya pop Korea. Hal ini menyebabkan munculnya basis penggemar Korea. Fanspage di jejaring sosial Facebook diasumsikan sebagai sebuah artefak budaya. Seperti diketahui, budaya dapat terbangun atas dua aspek yaitu aspek yang bersifat material yaitu artefak budaya dan juga aspek yang bersifat abstrak. Fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia hadir sebagai salah satu dari realitas komunitas virtual yaitu budaya penggemar. Budaya yang dimaksud adalah sesuatu yang muncul akibat kebersamaan yang cukup lama dalam lingkungan yang sama. Ruang lingkup lingkungan disini adalah fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia dimana interaksi di dalamnya dikaji dengan etnografi virtual. Industri budaya populer Korea, Menurut Presiden KBS (Korean Broadcasting System), Cho Dae-Hyun, merupakan salah satu pasar kompetitif di dunia. Campur tangan pemerintah juga ikut andil dalam mendongkrak popularitas budaya Populer Korea. Salah satu dampak signifikan pada industri hiburan Korea adalah mulai diakui dan diapresiasi diranah hiburan internasional seperti yang juga disebutkan oleh Korean Culture Information System. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka peneliti merumuskan permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana model etnografi fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia dalam realitas virtual? 2) Bagaimana para pengikut fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia melakukan interaksi serta aktivitas di dalam fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model etnografi fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia dalam realitas virtual dan bagaimana pengikut fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia melakukan interaksi dan aktivitas di fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif-kualitatif, dengan menggunakan metode etnografi virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwapada ruang media, Fanspage K-POP dan K-Drama Indonesia merupakan halaman penikmat K-POP dan K-Drama. Dokumen media dalam fanspageberbentuk artikel, catatan, foto, gambar, video. Pada objek media, aktivitas serta interaksi pengikut fanspageadalah memberikan tombol ‘Like’ dalam postingan, memberikan tanggapan dalam kolom komentar, bahkan membagikan konten.Dalam pengalaman media, alasan atau motif yang melandasi pengikut mengakses fanspage adalah untuk mendapatkan informasi sekaligus berinteraksi dengan sesama Kpopers dan K-Drama Lovers yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosial Media, Fanspage, KPOP dan K-Drama, Etnografi Virtual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Aug 2017 01:42
Last Modified: 16 Aug 2017 01:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item