PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL, APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI KELAS VII SMP NEGERI 1 SOKARAJA

Nur, Rahmawati (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENCE, LANGUAGE, PICTORIAL, SYMBOL, APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI KELAS VII SMP NEGERI 1 SOKARAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Rahmawati_Pengaruh Model Pembelajaran Experience, Language, Pictorial, Symbol, Application untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sokaraja.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sokaraja masih tergolong rendah. Proses pembelajaran yang mendorong berkembangnya kemampuan kognitif dan afektif siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sokaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh model pembelajaran ELPSA terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis. Hal itu dibuktikan dengan perolehan hasil N-Gain kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 0,70 termasuk kategori tinggi sedangkan rata-rata kelas kontrol yaitu 0,51 termasuk kategori sedang. Hasil uji t memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Pembelajaran ELPSA melalui uji t yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kepercayaan diri dengan perolehan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen yang termasuk kategori sedang yaitu sebesar 0,56 dan kelas kontrol termasuk kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 0,32.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Kepercayaan Diri, Model Pembelajaran ELPSA.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nur Rahmawati sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:20
Last Modified: 15 Jul 2024 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26027

Actions (login required)

View Item View Item