KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB MUTIARA HATI BUMIAYU

Uci Utari Agil, Alfianti (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB MUTIARA HATI BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Uci Utari Agil Alfianti_Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Mutiara Hati Bumiayu.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan lembaga pendidikan tidak lepas dari kepemimpinan Kepala Sekolah. Kepala Sekolah dituntut untuk mampu meningkatkan layanan mutu pendidikan melalui pengembangan kurikulum. Kurikulum menjadi alat dalam menentukan arah pendidikan sehingga keberhasilan lembaga sangat tergantung pada kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengembangan kurikulum. Metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi yang diteliti adalah SLB Mutiara Hati Bumiayu. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, pendidik, dan wali murid. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin melakukan pengambilan keputusan secara musyawarah, memberikan arahan dan dorongan, serta menggerakkan tenaga pendidik dalam menyusun RPP. 2) Kepala Sekolah sebagai administrator mengatur administrasi kurikulum, kesiswaan, personalia, keuangan, sarana prasarana, kearsipan, dan hubungan masyarakat. 3) Kepala Sekolah sebagai pendidik melakukan pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan fisik, dan pembinaan artistik. 4) Kepala Sekolah sebagai motivator dengan mengatur lingkungan fisik, suasana kerja, serta menerapkan prinsip pemberian penghargaan dan hukuman. 5) Kepala Sekolah sebagai supervisor menyusun dan melaksanakan program supervisi untuk mengetahui sejauh mana pengembangan kurikulum dapat dilaksanakan. 6) Kepala Sekolah sebagai manajer dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengevaluasian. 7) Kepala Sekolah sebagai inovator menciptakan ide baru dan melaksanakan pembaharuan sekolah melalui ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pengembangan Kurikulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: UCI UTARI AGIL ALFIANTI sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:22
Last Modified: 15 Jul 2024 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item View Item