PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTASARI

Yuliana, Dita Indah (2024) PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTASARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dita Indah Yuliana_Pengaruh Resiliensi Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kutasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir logis ialah salah satu keterampilan yang harus diperoleh dalam pembelajaran matematika, karena melalui kemampuan berpikir logis memudahkan siswa dalam proses pemahaman materi dan pemecahan masalah secara rasional. Pada saat pembelajaran matematika, siswa sering kali menghindar dalam mengerjakan soal matematika, dikarenakan asumsi pada diri siswa bahwa matematika itu sulit. Mengatasi permasalahan di atas, diperlukan adanya sikap positif yang harus ditanamkan pada diri siswa diantaranya yaitu, sikap percaya diri, gigih, tekun, dan optimis. Hal tersebut berkaitan dengan resiliensi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutasari. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutasari dengan jumlah 219 siswa. Sampel yang diperoleh sebanyak 142 siswa menggunakan perhitungan rumus solvin dengan metode simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutasari. Besarnya pengaruh yang diperoleh dengan melihat nilai koefisien determinasi sebesar 0.058 atau 5,8 % dan sisanya 94,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Logis Matematis, Resiliensi Matematis, Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dita Indah Yuliana
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:15
Last Modified: 15 Jul 2024 03:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26017

Actions (login required)

View Item View Item