PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Roffi, Rosadi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Roffi Rosadi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan seseorang dalam memahami konsep dari suatu materi matematika. Kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Purbalingga tergolong rendah. Pada pembelajaran guru sudah menggunakan LKPD sederhana. Permasalahan ini perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKPD dengan pendekatan RME yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian menggunakan metode Research and Development dan menunjukkan hasil valid oleh ahli validasi materi sebesar 75,8%. Validasi ahli media sebesar 84,61% dan validasi guru matematika sebesar 95,8% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli menujukkan bahwa LKPD dengan pendekatan RME pada materi bangun ruang sisi datar valid didukung hasil kemenarikan produk yang mendapatkan 85,7% dengan kategori menarik sekali. LKPD dengan pendekatan RME lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis ditunjukkan oleh hasil uji N�Gain kelas eksperimen 0,73 sedangkan kelas kontrol 0,52. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan tafsiran bahwa LKPD dengan pendekatan RME pada materi Bangun Ruang Sisi Datar cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Purbalingga. Sedangkan kelas kontrol menunjukkan tafsiran kurang efektif. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematic Education

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Lembar Kerja Peserta Didik, Realistic Mathematic Education
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Roffi Rosadi
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:02
Last Modified: 15 Jul 2024 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26009

Actions (login required)

View Item View Item