PEMBIASAAN LITERASI MEMBACA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 4C DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO

Vergi, Oktaviani (2024) PEMBIASAAN LITERASI MEMBACA UNTUK MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA KELAS 4C DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Vergi Oktaviani_Pembiasaan Literasi Membaca Untuk Menanamkan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas 4C di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil survei yang dilakukan oleh UNESCO menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia baru 0,001%. Ini berarti bahwa dari seribu masyarakat, hanya satu yang tertarik membaca. Rendahnya karakter gemar membaca sering ditemui di lingkungan sekolah, terutama sekolah dasar (kelas tinggi). Sebagai contoh rendahnya karakter gemar membaca tersebut antara lain masih banyak siswa yang malas datang ke perpustakaan dan malas membaca buku di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembiasaan literasi membaca untuk menanamkan karakter gemar membaca siswa kelas 4C di SD Negeri 1 Kranji, Purwokerto. Metode penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Kranji kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian adalah guru kelas 4c, kepala sekolah, petugas perpustakaan, dan siswa siswi kelas 4C di SD Negeri 1 Kranji, Purwokerto. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembiasaan literasi membaca untuk menanamkan karakter gemar membaca siswa kelas 4C di SD Negeri 1 Kranji, terdiri dari program sekolah, yaitu program wajib baca dua kali seminggu, kunjungan perpustakaan sekolah dan daerah, sekolah menyediakan fasilitas membaca dan menciptakan suasana menyenangkan untuk membaca. Program kelas yaitu mencatat daftar buku, kunjungan perpustakaan yang dilakukan kelas, saling tukar bacaan antar siswa, dan pembelajaran yang memotivasi anak menggunakan referensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Gemar membaca, Literasi membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: VERGI OKTAVIANI sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:38
Last Modified: 15 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25997

Actions (login required)

View Item View Item