PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI PADA SISWA KELAS VII MTs MA'ARIF NU 1 SOKARAJA BANYUMAS

Wafa, Robiatul Maisyaroh (2024) PROBLEMATIKA MEMBACA TEKS ARAB DITINJAU DARI ASPEK FONOLOGI PADA SISWA KELAS VII MTs MA'ARIF NU 1 SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Wafa Robiatul Maisyaroh-Problematika Membaca Teks Arab Ditinjau dari Aspek Fonologi Pada Siswa Kelas VII MTs Ma'arif NU 1 Sokaraja Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja dalam membaca teks Arab ditinjau dari aspek fonologi, untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru bahasa Arab dalam mengatasi problematika tersebut, dan untuk memahami faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dalam membaca teks Bahasa Arab pada mata pelajaran Bahasa arab siswa kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dan lapangan yang dilakukan di MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja. Pemerolehan data yang digunakan yaitu dengan pemerolehan data kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian terdapat problematika membaca teks Arab dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII ditinjau dari segi fonologi yaitu terdiri dari aspek fonetik (berupa problematika vokal dan konsonan) dan aspek fonemik (berupa pengucapan fonologi yang kurang tepat sehingga bisa merubah makna dari kosakata bahasa Arab). Adapun faktor kesulitan siswa dalam membaca teks Arab yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. Solusi yang dilakukan guru bahasa Arab dalam meminimalisir kesalahan fonologi dalam membaca teks Arab pada siswa kelas VII yaitu: menciptakan pembelajaran yang fun, memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang dalam membaca teks Bahasa arab, menyiapkan sendiri sarana dan prasarana yang belum tersedia di sekolah. kata kunci: Problematika Membaca, Bahasa Arab, Teks Arab, Fonologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Membaca, Bahasa Arab, Teks Arab, Fonologi.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wafa Robiatul Maisyaroh sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:01
Last Modified: 15 Jul 2024 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25968

Actions (login required)

View Item View Item