TANGGUNG JAWAB RESELLER TERHADAP KOMPLAIN KONSUMEN PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Reseller di Desa Bumijawa, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal)

NUNUNG, DWI SETIANI (2024) TANGGUNG JAWAB RESELLER TERHADAP KOMPLAIN KONSUMEN PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Reseller di Desa Bumijawa, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal). Skripsi thesis, UIN Pof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUNUNG DWI SETIANI_Tanggung Jawab Reseller Terhadap Komplain Konsumen Perspektif Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Reseller di Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelian melalui reseller kerap kali mendapat komplain dari konsumen karena sering ditemui ketidaksesuaian barang yang dijualnya. Disisi lain konsumen memiliki hak dalam melakukan jual beli yang diatur dalam Khiyar yang berisi peraturan penyelesaian masalah dalam transaksi jual beli. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk tanggungjawab reseller dan tinjauan KHES mengenai tanggung jawab sebagai reseller terhadap komplain konsumen. Jenis penelitian ini field research yang penelitiannya dilakukan dilapangan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan yuridis sosiologis untuk menanalisis bentuk tanggungjawanb reseller terhadap komplain konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang dilakukan dari bulan Desember hingga Juni 2024. Tujuannya untuk menyelidiki penyelesaian kasus komplain dan pemenuhan hak dari konsumen dengan mempertimbangan peraturan KHES terutama dalam bab Khiyar. Lokasi penelitian meliputi tempat jual beli reseller dan konsumen yang berada dalam lingkup wilayah Desa Bumijawa. Sumber data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan pihak yang bersangkutan. Data skunder yang digunakan melibatkan KHES dan literatur terkait. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemenuhan hak komplain ditinjau dari perspektif KHES jika terjadi ketidaksesuaian barang, konsumen dapat mengajukan komplain terhadap reseller mengenai barang yang tidak sesuai. Konsumen menyampaikan alasan pengajuan komplain dan menyertakan bukti dari ketidaksesuaian barang tersebut. Kemudian reseller menindaklanjuti untuk menyelesaikan permasalahan komplain dari konsumen dengan mengacu pada pedoman Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah Kata Kunci: Hukum, reseller, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, reseller, Tanggung Jawab
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nunung Dwi Setiani sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:24
Last Modified: 15 Jul 2024 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item