PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK MUSLIMAT NU DIPONEGORO 45 BOBOSAN

Sindy, Chostyan (2024) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK MUSLIMAT NU DIPONEGORO 45 BOBOSAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sindy Chostyan_Peran Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di TK Muslimat NU Diponegoro 45 Bobosan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Anak yang tidak mandiri biasanya akan kesulitan untuk menghadapi masalah dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Anak akan kesulitan dalam hal-hal yang bersifat sederhana jika semenjak kecil tidak diajarkan dan dibiasakan untuk berlatih mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Muslimat NU Diponegoro 45 Bobosan. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Muslimat NU Diponegoro 45 Bobosan guru berperan sebagai motivator, guru berperan sebagai pembimbing, guru berperan sebagai contoh atau teladan, guru berperan sebagai fasilitator, guru berperan sebagai pendidik, guru berperan sebagai pelatih, serta guru berperan sebagai evaluator dan administrator. Selain itu, guru juga menggunakan metode pembiasaan dalam mengembangkan kemandirian anak di TK Muslimat NU Diponegoro 45 Bobosan yakni membiasakan anak untuk rapi dan membiasakan anak untuk berperilaku sesuai dengan tata krama. Hambatan yang dialami guru dalam mengembangkan kemandirian anak antara lain: orang tua yang terlalu memanjakan anak, orang tua yang sibuk, dan anak-anak berkebutuhan khusus. Cara mengatasi hambatan tersebut yakni kerjasama dengan orang tua, menyampaikan tahap kemandirian pada orang yang ada di rumah, dan melakukan pendekatan, arahan, pemahaman, serta memberikan contoh. Kata Kunci: Peran Guru, Kemandirian Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kemandirian Anak.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sindy Chostyan sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:59
Last Modified: 15 Jul 2024 01:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25958

Actions (login required)

View Item View Item