POLA RELASI SUAMI ISTRI PADA PASANGAN PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung)

Fatihatun, Nazifah (2024) POLA RELASI SUAMI ISTRI PADA PASANGAN PERNIKAHAN DI BAWAH UMUR DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FATIHATUN NAZIFAH_POLA RELASI SUAMI ISTRI PADA PASANGAN PERNIKAHAN DI BAWAH USIA DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (Studi Kasus Di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini menyajikan tentang pola relasi suami istri pasangan pernikahan di bawah umur dalam membangun keluarga sakinah studi kasus di Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Skripsi ini menganalisis bagaimana pola yang di terapkan dalam keluarga pasangan di bawah umur dan telah mencapai keluarga sakinah sesuai tingkatan yang ada. Pola relasi pada penelitian ini berdasarkan teori dari keluarga Letha Scanzoni dan John Scanzoni. Hal ini sesuai dengan rumusan masalah yang diambil yaitu bagaimana pola relasi suami istri pada pasangan pernikahan di bawah umur dalam membentuk keluarga sakinah, metode penelitian yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam melakukan penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu (field research) penelitian lapangan, penelitian yang dilakukan langsung berdasarkan keadaan yang nyata pada lokasi penelitian tersebut. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan 8 pasangan suami istri pernikahan di bawah umur, sedangkan sumber data skundernya adalah buku, jurnal, dan skripsi penelitian terdahulu yang berkaitan dengan skripsi ini. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancraa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam aspek pembagian kerja jika ditinjau dari tipologi pola relasi suami istri, pasangan pernikahan di bawah umur lebih menggunakan pola Senior Junior Partner, Head Complement dan Equal Pertner. Pada aspek pengambilan keputusan jika ditinjau dari tipologi pola relasi suami istri, pasangan pernikahan di bawah umur lebih menggunakan cara bermusyawarah atau tergolong dalam pola senior-junior partner. Pada tipologi tingkatan kerluarga sakinah, pasangan suami istri sudah tergolong pada keluarga sakinah tersebut yakni pada keluarga sakinah I dan keluarga sakinah II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Relasi, Pernikahan Di Bawah Umur, Keluarga Sakinah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.31 Nikah (Nasab, RUkun, Akad, Maskawin, Mut'ah dll)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fatihatun Nazifah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 01:53
Last Modified: 15 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25957

Actions (login required)

View Item View Item