IMPLEMENTASI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 PURWOKERTO

Alfin, Yanuarsa (2024) IMPLEMENTASI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALFIN YANUARSA_IMPLEMENTASI RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Resource Based Learning adalah segala bentuk belajar yang langsung menghadapkan murid dengan sesuatu atau sejumlah sumber belajar secara individu atau kelompok dengan segala kegiatan belajar yang berkaitan dengan itu, bukan dengan cara konvensional dimana guru menyampaikan bahan pelajaran kepada murid. Jadi, dalam RBL guru bukan merupakan sumber belajar satu-satunya. Mata pelajaran agama islam merupakan mata pelajaran wajib yang berada di sekolah SD, SMP ataupun SMA. Tujuan adanya mata pelajaran Agama Islam Bertujuan membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, jujur, adil, sabar, serta memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Resource Based Learning dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam mempersiapkan sumber belajar, guru harus mempertimbangkan beberapa kemungkinan, antara lain pemilihan sumber belajar yang sesuai dengan mata pelajaran, keterjangkauan, dan ketersediaan sumber belajar di pasaran. Guru juga harus mampu menangani dan mengkategorikan sumber belajar yang digunakannya. Selanjutnya, guru harus mampu mendorong siswa untuk memanfaatkan perpustakaan selama proses belajar mengajar. Karena dalam metode ini perpustakaan memegang peranan yang sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resource Based Learning, pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfin Yanuarsa sdr
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:42
Last Modified: 13 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25956

Actions (login required)

View Item View Item