Rofi, Nur Azizah (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU BINA INSAN KAMIL SIDAREJA CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
ROFI NUR AZIZAH_IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU BINA INSAN KAMIL SIDAREJA CILACAP.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah penerapan metode Ummi di SD Islam Terpadu Bina Insan Kamil Sidareja dan mengetahui bagaimana implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Bina Insan Kamil Sidareja. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Bina Insan Kamil Sidareja dan fokus penelitian di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru koordinator Al-Qur’an metode Ummi, dan siswa. Metode Ummi merupakan sebuah pembelajaran Al-Qur’an yang pada penerapannya yaitu langsung mempraktikkan bacaan dengan tartil dan kaidah ilmu tajwid yang benar. Hasil dari penelitian ini dalam implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi sudah berjalan sesuai dengan arahan dari lembaga Ummi Foundation baik itu dari kelengkapan dan 7 tahapan pembelajaran yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi, dan penutup. Target pencapaian kemampuan pembelajaran Al-Qur’an yaitu meliputi kefashihan membaca, ketepatan hukum bacaan tajwid, pelafalan makharijul huruf, serta penerapan nada rost yang diterapkan pada metode Ummi. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an setelah menerapkan metode Ummi baik itu dari jilid III sampai pada jilid VI. Kata Kunci: metode Ummi, kemampuan membaca al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Ummi, kemampuan membaca al-Qur’an |
Subjects: | 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ROFI NUR AZIZAH sdr |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:54 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:54 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25952 |
Actions (login required)
View Item |