PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD PASIR KIDUL KABUPATEN BANYUMAS

Rizka Fitri, Nur Lidha (2024) PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL ITTIHAD PASIR KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIZKA FITRI NUR LIDHA _PROBLEMATIKA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan salah satu program pendidikan yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia untuk dapat memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada satuan pendidikan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan lokal, karakteristik siswa dan tantangan global. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implemetasi kurikulum merdeka belajar Kelas IV MI Al Ittihaad Pasir Kidul, 2) Untuk mengetahui problematika guru menerapkan kurikulum merdeka belajar Kelas IV MI al Ittihaad Pasir Kidul, 3) Untuk mengetahui solusi problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar Kelas IV di MI Al Ittihaad Pasir Kidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumen yang dianalisis dengan analisis interaktif. Hasil penelitian adalah 1) Implemetasi kurikulum merdeka belajar kelas IV MI al Ittihaad Pasir Kidul adalah guru harus menyusun capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, modul ajar dan merancang pembelajaran 20% adalah project dari intrakulikuler, mata pelajaran IPA dan IPS disatukan menjadi IPAS, mata pelajaran SBdP hanya diajarkan satu bidang dan pengajaran berbasis proyek serta pembelajaran profil pelajar Pancasila. 2) Problematika guru dalam menerapkan kurikulum merdeka kelas IV di MI Al Ittihaad Pasir Kidul adalah perencanaan, pelaksanaan pembelajan. dalam pelaksanaan pembelajaran terbatasnya buku siswa, materi ajar yang terlalu luas, dan butuh penalaran serta kesulitan guru dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran dan dalam pelaksanaan pembalajaran berbasis proyek guru masih kesulitan dalam menentukan proyek kelas yang sesuai materi pembelajaran. Guru juga kesulitan menentukan asesmennya yang cocok dengan materi dan menentukan asesmen pada proses pembelajaran berbasis proyek kelas dan sekolah. 3) Solusi problematika guru menerapkan kurikulum merdeka dengan mengikuti pertemuan dengan kelompok kerja guru atau kelompok guru mata pelajaran mengikuti pelatihan kurikulum merdeka dan berkoordinasi dengan sesama guru dan mencari informasi atau referensi tentang asesmen pada kurikulum merdeka belajar, guru tidak menuntut siswa harus bisa menghafal tetapi peserta didik harus paham tentang materi yang disampaikan, guru menulis materi dipapan tulis dan membuat lembar kerja peserta didik dan membuat catatan serta melanjutkan proyek kelas di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika guru, kurikulum merdeka belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizka Fitri Nur Lidha sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:14
Last Modified: 16 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25945

Actions (login required)

View Item View Item