IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO SELATAN [email protected]

Imam Mubarok, 1223308027 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO SELATAN [email protected]. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
IMAM MUBAROK_IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SDIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh ketidakadilan pendidikan yang selama ini ada dan berjalan dari generasi ke generasi. Maksudnya tidak semua sistem pendidikan melayani semua anak dengan kemampuan yang berbeda-beda dengan pelayanan yang sama. Pendidikan selama ini dianggap unggul ketika diisi oleh murid yang cerdas. Padahal seharusnya sekolahlah yang bertugas membuat anak cerdas. Hal ini Dikarenakan sistem pendidikan yang tidak berdasarkan kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan berbasis multiple intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Sehingga setelah mengetahui proses yang ada diharapkan kita akan menepukan alternatif pendidikan yang berkeadilan dan layak sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun sebuah sistem pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Keseluruhan data dan pengolahannya dalam bentuk deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer maupun sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam menerapkan pendidikan berbasis multiple intelligences membutuhkan peran dari semua pihak, antara lain, kepala sekolah, menejemen, guru, dan orang tua. Sistem pendidikan yang dijalankan harus memenuhi semua kebutuhan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Berdasarkan hal itu SDIT Harapan bunda menerapkan The Best Input, The Best Proses, The Best Output. Melakukan research kecerdasan dengan MIR, untuk mengetahui kecenderungan kecerdasannya. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Multiple Intelligences.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan, Multiple Intelligences.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:03
Last Modified: 14 Aug 2017 09:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item