PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTS NEGERI 3 BANJARNEGARA

Imam Naufalianto, Fikri (2024) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MTS NEGERI 3 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIX_2017402093_SKRIPSI_IMAM NAUFALIANTO FIKRI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di setiap negara menggambarkan sebuah interaksi antara pendidik dan peserta didik guna mencapai sebuah visi dan misi Pendidikan yang berjalan dalam lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan active learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka belajar. Lokasi yang diteliti adalah MTs Negeri 3 Banjarnegara. Dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, wali kelas VII A, guru PAI, dan siswa kelas VII A. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa : 1) Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang menjadi ciri khas pada madrasah, karena dalam madrasah Pendidikan Agama Islam terbagi menjadi 4 rumpun mata pelajaran, yaitu Akidah Akhlak, Al-Qur’an dan Hadits, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. 2) Dalam proses belajar mengajarnya sudah tidak lagi menggunakan RPP (Rencana pelaksanaan Pembelajaran) tetapi sudah menggunakan modul ajar. Modul ajar ini bersumber dari Kemendikbud kemudian guru mengembangkan dan memodifikasi modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. 3) Dalam proses pembelajaran guru menjadi fasilitator dan motivator bagi peserta didik, guru tidak sepenuhnya memberikan materi kepada peserta, namun peserta didik mengeksplore pengetahuannya di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imam Naufalianto Fikri sdr
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:05
Last Modified: 13 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25917

Actions (login required)

View Item View Item