PRAKTIK PEMBIAYAAN MURA>BAH}AH PADA PEMBIAYAAN PONSEL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di KSPPS Hanada Quwais Sembada Kec. Kebasen Kab. Banyumas)

Lestiana Dita, Nurafifah (2020) PRAKTIK PEMBIAYAAN MURA>BAH}AH PADA PEMBIAYAAN PONSEL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di KSPPS Hanada Quwais Sembada Kec. Kebasen Kab. Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LESTIANA DITA NURAFIFAH_PRAKTIK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PEMBIAYAAN PONSEL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di KSPPS Hanada Quwais Sembada Kec. Kebasen).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pada kehidupan manusia, jual beli merupakan kebutuhan hidup manusia yang sering kali dilakukan. Salah satu praktik pembiayaan yang terjadi di KSPPS Hanada Quwais Sembada Kebasen adalah praktik pembiayaan murabahah pada pembiayaan ponsel. Pada pelaksanaannya, pembiayaan ponsel menggunakan akad murabahah ini dilakukan oleh nasabah dan pihak KSPPS yang akan membelikan ponsel melalui produsen barang. Kemudian ponsel yang sudah dibeli oleh pihak KSPPS akan dijual kepada nasabah dengan harga awal barang ditambah dengan laba untuk pihak KSPPS. Ada nasabah yang tidak mengalami permasalahan dalam pembiayaan ponsel dan ada juga yang mengalami permasalahan dalam pembiayaan ponsel. Penelitian ini dijalankan oleh peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris. Sumber data primer diperoleh dengan cara wawancara pihak KSPPS Hanada dengan nasabah KSPPS Hanada dan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, serta dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data dengan analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pembiayaan ponsel di KSPPS Hanada Quwais Sembada ini termasuk ke dalam akad murabahah dengan pesanan dan murabahah lil amir bis syira. Praktik pembiayaan murabahah pada pembiayaan ponsel belum memenuhi syarat dalam akad murabahah. Dari hasil penelitian yang didapatkan, pembiayaan ponsel yang bermasalah tersebut tidak sesuai dengan asas yang terdapat dalam hukum perjanjian syariah yaitu asas al-Rida tentang kerelaan dan al-Quran surat an-Nisa ayat 29 tentang asas kerelaan atau kesepakatan para pihak secara bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan ponsel, Akad Murabahah, KSPPS Hanada Quwais Sembada, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Lestiana Dita Nurafifah
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:54
Last Modified: 13 Jul 2024 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25897

Actions (login required)

View Item View Item