PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA ABK DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR

Fia, Vadilah (2024) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA ABK DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIA VADILAH_PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA ABK DI SDN 5 ARCAWINANGUN PURWOKERTO TIMUR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. peran guru bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi juga membentuk karakter pada siswa. Kemajuan teknologi dan informasi saat ini sedang berkembang pesat, sebagai generasi penerus bangsa harus bisa mempersiapkan diri agar dapat memiliki karakter yang mampu bertahan dan bersaing dalam bidang tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa ABK di SDN 5 Arcawinangun Purwokerto Timur. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, guru pendamping khusus, dan siswa ABK kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam pembentukan karakter religius di SDN 5 Arcawinangun yaitu sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, motivator, teladan, dan evaluator. Dalam menjalankan perannya guru PAI sudah dikatakan baik, yaitu dengan adanya perubahan karakter yang terjadi pada siswa. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan karakter yaitu faktor orang tua dan keluarga, tenaga pendidik yang senantiasa mengajarkan kebaikan, serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lingkungan yang kurang mendukung, kurangnya jumlah guru dari lulusan pendidikan luar biasa, serta kurangnya komunikasi orang tua dengan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Karakter Religus, Siswa ABK.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fia Vadilah sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:24
Last Modified: 13 Jul 2024 04:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item