PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DI TK KELURAHAN SOKANEGARA

Tika, Wahyuni (2024) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DI TK KELURAHAN SOKANEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TIKA WAHYUNI_PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI MELALUI EKSTRAKURIKULER KOMPUTER DI TK KELURAHAN SOKANEGARA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan kemampuan literasi digital anak usia dini melalui kegiatan ekstrakurikuler komputer di TK Kelurahan Sokanegara. Literasi digital memiliki peranan yang sangat penting dalam era teknologi saat ini sehingga anak-anak perlu memperoleh keterampilan literasi digital sejak dini. Kegiatan ekstrakurikuler komputer dirancang untuk memberikan pengalaman langsung dalam menggunakan teknologi, mengenal perangkat komputer, dan memahami konsep dasar digital. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi pada saat kegiatan ekstrakurikuler komputer, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler komputer di TK Kelurahan Sokanegara dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kemampuan literasi digital anak usia dini melalui penggunaan media seperti aplikasi microsoft word, aplikasi devine kids mewarnai dan berhitung, serta permainan puzzle. Anak-anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler komputer juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman dasar tentang penggunaan komputer, navigasi, serta aplikasi pembelajaran interaktif. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan keterampilan motorik halus, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Guru juga berperan sebagai fasilitator yang membantu anak-anak dalam mengeksplorasi teknologi dengan cara yang menyenangkan dan aman. Dari penelitian ini menegaskan bahwa melalui ekstrakurikuler komputer dapat meningkatkan kemampuan literasi digital pada anak usia dini di TK Kelurahan Sokanegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Anak Usia Dini, Ekstrakurikuler Komputer
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: TIKA WAHYUNI sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 02:06
Last Modified: 13 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25894

Actions (login required)

View Item View Item