PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN PAIDI KELAS INKLUSI SD NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BANYUMAS

Nur Emilia Amanah, 1323301037 (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN PAIDI KELAS INKLUSI SD NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
NUR EMILIA AMANAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL .pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)

Abstract

Setiapanakberhakuntukmendapatkanpendidikan.Termasukbagianakberkebutuhankhusus (ABK), merekajugaberhakuntukmendapatkanpendidikan yang salahsatucaranyaadalahmelaluikelasinklusi.Hal tersebutberartidi dalamkelasinklusiterdiridarisiswa normal dengansiswa ABK yang kemudianpadaakhirnyamelahirkansebuahperbedaan-perbedaan.Namun, melaluipembelajaranPAIdiharapkanperbedaan-perbedaan yang ada di dalamkelasinklusimampudikondisikansecarabaik.Bahwaperbedaantidakbolehmengakibatkanadanyadiskriminasi.Denganpembelajaran PAI diharapkanpengembangankecerdasanemosionalsiswaberkembangsehinggabisasalingtoleransidanmerasakankeadaansatusama lain. PenelitianinibertujuanuntukmendekrispikandanmenganalisistentangbagaimanaPengembanganKecerdasanEmosionalPadaPembelajaran di kelasinklusi SD Negeri 1 Tanjung, KabupatenBanyumas yang dilaksanakanmelalui proses pembelajaranpendidikan agama Islam (PAI) di kelasinklusi. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif, yaitujenispenelitian yang menghasilkan data deskriptif.Data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianinimengacupada model Miles danHuberman yang terdiridaritigatahap, anatara lain: reduksi data, penyajian data, danconclusing drawing/verivication. Padapenelitianinidigunakanujikredibilitasuntukmengujikeabsahan data.Ujikredibiltasdilakukandengantriangulasisumber, dimanapenelitimenguji data yang didapatdarinarasumberdenganmembandingkananatarasatunarasumberdengannarasumberlainnya. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapelaksanaanpengembangankecerdasanemosionaldalampembelajaran PAI di kelasinklusiyaitumelaluiempatcara, yaitusifatdansikap guru PAI, ajaranakhlakdalammateri PAI, model integrated learning, sertapembelajaran PAI yang dikaitkandalamkehidupansehari-hari. Setelahpembelajaran PAI pengembangankecerdasanemosionalsiswadapatdikembangkandalamkelimaaspeknya, yaitumenegnaliemosidiri, mengelolaemosi, memotivasidirisendiri, mengenaliemosi orang lain sertamembinahubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KecerdasanEmosional, Pembelajaran PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:09
Last Modified: 14 Aug 2017 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item View Item