Nur Emilia Amanah, 1323301037 (2017) PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN PAIDI KELAS INKLUSI SD NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text
NUR EMILIA AMANAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL .pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
Abstract
Setiapanakberhakuntukmendapatkanpendidikan.Termasukbagianakberkebutuhankhusus (ABK), merekajugaberhakuntukmendapatkanpendidikan yang salahsatucaranyaadalahmelaluikelasinklusi.Hal tersebutberartidi dalamkelasinklusiterdiridarisiswa normal dengansiswa ABK yang kemudianpadaakhirnyamelahirkansebuahperbedaan-perbedaan.Namun, melaluipembelajaranPAIdiharapkanperbedaan-perbedaan yang ada di dalamkelasinklusimampudikondisikansecarabaik.Bahwaperbedaantidakbolehmengakibatkanadanyadiskriminasi.Denganpembelajaran PAI diharapkanpengembangankecerdasanemosionalsiswaberkembangsehinggabisasalingtoleransidanmerasakankeadaansatusama lain. PenelitianinibertujuanuntukmendekrispikandanmenganalisistentangbagaimanaPengembanganKecerdasanEmosionalPadaPembelajaran di kelasinklusi SD Negeri 1 Tanjung, KabupatenBanyumas yang dilaksanakanmelalui proses pembelajaranpendidikan agama Islam (PAI) di kelasinklusi. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif, yaitujenispenelitian yang menghasilkan data deskriptif.Data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianinimengacupada model Miles danHuberman yang terdiridaritigatahap, anatara lain: reduksi data, penyajian data, danconclusing drawing/verivication. Padapenelitianinidigunakanujikredibilitasuntukmengujikeabsahan data.Ujikredibiltasdilakukandengantriangulasisumber, dimanapenelitimenguji data yang didapatdarinarasumberdenganmembandingkananatarasatunarasumberdengannarasumberlainnya. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapelaksanaanpengembangankecerdasanemosionaldalampembelajaran PAI di kelasinklusiyaitumelaluiempatcara, yaitusifatdansikap guru PAI, ajaranakhlakdalammateri PAI, model integrated learning, sertapembelajaran PAI yang dikaitkandalamkehidupansehari-hari. Setelahpembelajaran PAI pengembangankecerdasanemosionalsiswadapatdikembangkandalamkelimaaspeknya, yaitumenegnaliemosidiri, mengelolaemosi, memotivasidirisendiri, mengenaliemosi orang lain sertamembinahubungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KecerdasanEmosional, Pembelajaran PAI |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 14 Aug 2017 04:09 |
Last Modified: | 14 Aug 2017 04:09 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2584 |
Actions (login required)
View Item |