IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP TELKOM PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Ani Tasya, Islamiati (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP TELKOM PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saiffuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANI TASYA ISLAMIATI-IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP TELKOM PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2023-2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari dampak setelah pandemi covid-19 yang membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada penurunan kualitas dan mutu belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran matematika di jenjang SMP. Pembaharuan kurikulum menjadi salah satu solusi yang diberikan pemerintah untuk menciptakan pembelajaran yang semakin efektif, efisien, serta meningkatkan kemajuan kualitas pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Telkom Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif guna mendapatkan data secara langsung dari penelitian. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilaksanakan oleh guru matematika di SMP Telkom Purwokerto sudah berjalan dengan baik, dibuktikan dengan guru yang sudah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi disetiap proses pembelajaran sesuai dengan konsep pembelajaran Kurikulum Merdeka. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka terdapat tiga tahap yang perlu dilaksanakan. Pertama tahap perencanaan dengan 3 langkah yang dipersiapkan, yaitu menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk menyusun Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), merencanakan dan melaksanakan asesmen diagnostik, serta mengembangkan modul ajar. Kedua, dalam tahap pelaksanaan terdapat 3 kegiatan yang dilakukan oleh guru matematika, yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Ketiga, dalam tahap penilaian atau asesmen SMP Telkom Purwokerto menggunakan 2 cara penilaian atau asesmen, yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ani Tasya Islamiati
Date Deposited: 13 Jul 2024 04:16
Last Modified: 13 Jul 2024 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25836

Actions (login required)

View Item View Item