PRAKTIK PENYEDIAAN FASILITAS ASURANSI USAHA TERNAK SAPI (AUTS) PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus Kelompok Ternak Sapi di Kabupaten Banyumas)

Fitri, Fajriati (2024) PRAKTIK PENYEDIAAN FASILITAS ASURANSI USAHA TERNAK SAPI (AUTS) PERSPEKTIF MASLAHAH (Studi Kasus Kelompok Ternak Sapi di Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fitri Fajriati_Penyediaan Fasilitas Asuransi Usaha Ternak Sapi Perspektif Maslahah (Studi Kasus Kelompok Ternak Sapi di Kabupaten Banyumas).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Subsektor peternakan menjadi salah satu subsektor yang memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian sebuah negara. Maka dari itu pemerintah memberlakukan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani yang didalamnya terdapat pengaturan tentang AUTS sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap peternak. Kabupaten Banyumas menjadi salah satu kabupaten yang pernah mengikuti program AUTS. Namun dalam praktiknya tidak semua peternak mengikuti program AUTS. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik penyediaan fasilitas AUTS pada kelompok ternak sapi yang ada di Kabupaten Banyumas dalam perspektif mas{lah{ah. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer diambil langsung dari lima kelompok ternak yang ada di Kabupaten Banyumas. Sementara data sekunder diperoleh dari buku, artikel ilmiah, skripsi, dan rujukan lain yang masih terkait dengan permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan model snowball sampling. Teknik analisis data yang akan digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik penyediaan fasilitas AUTS pada setiap kelompok ternak di Kabupaten Banyumas berbeda-beda. Dalam pelaksanaannya, 5 dari 6 kelompok ternak di Kabupaten Banyumas pernah mengikuti program AUTS. Penerapan AUTS memberikan dampak positif kepada peternak terutama bagi peternak yang sudah pernah mendapatkan ganti rugi. Pelaksanaan AUTS sudah sesuai dengan teori mas{lah{ah, karena program ini sudah memberikan manfaat kepada peternak. Manfaat yang diperoleh dari adanya rasa aman dan memperoleh ganti rugi ketika ternaknya mengalami kematian. Program AUTS termasuk dalam tingkatan mas{lah{hah hajjiyah. Hal ini karena program AUTS bukan merupakan kebutuhan yang mendesak dan tidak mengancam keselamatan peternak, akan tetapi jika tidak ada program AUTS maka peternak akan mengalami kerugian apabila ternaknya mati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitri Fajriati sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:23
Last Modified: 13 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25814

Actions (login required)

View Item View Item