KONSEP PELIBATAN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA NASIONAL UNTUK PERTAHANAN NEGARA PERSPEKTIF SIYASAH DAULIYAH (Studi Analisis Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara)

Rara Noermalita, Kanza Kamila (2024) KONSEP PELIBATAN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA NASIONAL UNTUK PERTAHANAN NEGARA PERSPEKTIF SIYASAH DAULIYAH (Studi Analisis Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
RARA NOERMALITA KK_KONSEP PELIBATAN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghadapi ancaman yang terus berkembang, negara harus menyiapkan kekuatan pertahanan yang tangguh. Sistem pertahanan semesta melibatkan seluruh sumber daya nasional, termasuk sumber daya manusia. Tujuannya menjaga kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan rakyat. Pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara merupakan upaya strategis yang diwujudkan melalui pendidikan kewarganegaraan, bela negara, serta keterlibatan sebagai anggota TNI dan komponen cadangan. Perspektif siyasah dauliyah memandang pertahanan negara sebagai kewenangan pemerintah dalam mengatur kehidupan bernegara bagi masyarakatnya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi konsep pelibatan ASN dalam pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara berdasarkan prinsip-prinsip siya<sah dauliyah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) dengan data primer berupa Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, serta data sekunder dari berbagai literatur terkait. Pendekatan yang digunakan meliputi pendekatan perundang�undangan dan konseptual. Data dikumpulkan melalui studi dokumen dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama pelibatan ASN dalam pengelolaan sumber daya nasional merupakan upaya strategis dan konsekuensi hak dan kewajiban konstitusi. Partisipasinya sebagai dukungan pertahanan negara dalam mengoptimalkan kekuatan utama pertahanan dan implementasi core values BerAKHLAK. Kedua, pelibatannya selaras dengan prinsip-prinsip siyasah dauliyah dalam kehidupan bernegara, mencakup kesatuan, keadilan, persamaan, toleransi, kerjasama kemanusiaan, kebebasan, kemerdekaan, dan perilaku moral yang baik. Bentuk manifestasi dari hifz daulah, yaitu sebagai penjaga kedaulatan. Kata Kunci : ASN, UU PSDN, Siya<sah Dauliyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.7 Hukum Internasional
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Rara Noermalita Kanza Kamila sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 03:07
Last Modified: 13 Jul 2024 03:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25806

Actions (login required)

View Item View Item