TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP LARANGAN JUAL BELI KARANGAN BUNGA PLASTIK BERDASARKAN PERATURAN BUPATI BANYUMAS NOMOR 14 TAHUN 2019 (STUDI KASUS TOKO BUNGA DI PURWOKERTO)

Iin Yuliana, Rahmawati (2024) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP LARANGAN JUAL BELI KARANGAN BUNGA PLASTIK BERDASARKAN PERATURAN BUPATI BANYUMAS NOMOR 14 TAHUN 2019 (STUDI KASUS TOKO BUNGA DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Iin Yuliana Rahmawati_Tinjauan Maslahah Mursalah Terhadap Larangan Jual Beli Karangan Bunga Plastik Berdasarkan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 14 Tahun 2019 (Studi Kasus Toko Bunga di Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada zaman sekarang jual beli karangan bunga telah banyak terjadi perubahan salah satunya dengan penggunaan bunga plastik pada karangan bunga sehingga disebut dengan karangan bunga plastik. Namun plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai, sehingga terdapat sebuah kebijakan yang mengatur mengenai sampah plastik. Peraturan Bupati Banyumas Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan Styrofoam hadir dan membawa dampak lain bagi penjual dan pembeli karagan bunga plastik. Berangkat dari permasalahan diatas, penulis merumuskan masalah bagaimana praktik jual beli karangan bunga plastik di Purwokerto dan bagaimana tinjauan mas}lah}ah mursalah terhadap larangan jual beli karangan bunga plastik berdasarkan Peraturan Bupati Banyumas Nomor 14 Tahun 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang menggunakan pendekatan empiris. Sumber data primer yaitu penjual dan pembeli karangan bunga plastik serta pihak dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas. Sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal, maupun sumber internet. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawacara. Adapun metode analisis data yaitu yuridis sosiologis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penjual karangan bunga plastik belum menaati kebijakan tersebut. Jika ditelaah dengan teori mas}lah}ah mursalah Peraturan Bupati Banyumas Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik dan Styrofoam masuk dalam tingkatan d}aru>riyyah untuk memelihara jiwa (hifd} al-nafs) yang bersifat umum. Sedangkan jual beli karangan bunga plastik masuk dalam tingkatan h}a>jiyah yang berrsifat khusus. Dalam teori mas}lah}ah mursalah tingkatan d}aru>riyyah lebih kuat dari pada tingkatan h}a>jiyah. Kemudhataran umum lebih didahulukan dari pada kemudharatan khusus. Dengan demikian para penjual karangan bunga plastik untuk mengikuti kebijakan yang ada walaupun membawa kerugian bagi mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mas}lah}ah Mursalah, Jual Beli, Karangan Bunga Plastik, Peraturan Bupati
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Iin Yuliana Rahmawati sdri
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:28
Last Modified: 13 Jul 2024 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item