ANALISIS KINERJA USAHA PEDAGANG PASCA REVITALISASI PASAR TRADISIONAL(Studi Kasus pada pedagang Pasar Randudongkal, Kabupaten Pemalang)

Juli, Husniati (2024) ANALISIS KINERJA USAHA PEDAGANG PASCA REVITALISASI PASAR TRADISIONAL(Studi Kasus pada pedagang Pasar Randudongkal, Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Juli Husniati-ANALISIS KINERJA USAHA PEDAGANG PASCA REVITALISASI PASAR TRADISIONAL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan pasar tradisional perlu dipertahankan dan dikembangkan salah satunya Pasar Randudongkal yang merupakan salah satu pasar yang sudah direvitalisasi. Untuk mengetahui kinerja pedagang maka diperlukan berbagai upaya untuk keberhasilan usaha dengan melihat beberapa indikator seperti penjualan, pendapatan, modal, tenaga kerja, pemasaran, aset dan laba. Dengan memahami kendala pada kinerja usaha pedagang sangatlah penting agar dapat memberikan dukungan untuk mengurangi faktor-faktor yang menghalangi keberhasilan usaha pedagang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja usaha para pedagang setelah revitalisasi pasar dan mengetahui usaha para pedagang untuk keberhasilan usaha. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian di Pasar Randudongkal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah pedagang di Pasar Randudongkal. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pedagang mengalami penurunan pendapatan, hal ini dibuktikan dengan jumlah pengunjung setiap harinya yang kurang ramai dari sebelumnya dan munculnya pesaing baru sehingga menjadi faktor penurunan penjualan. Menurunnya minat beli konsumen dimana mereka lebih memilih berbelanja di toko online daripada di pasar. Selain itu, upaya untuk meningkatkan keberhasilan kinerja usahanya masih belum berjalan optimal karena pedagang mengalami keterbatasan baik dalam modal dan jangkauan pemasaran. Untuk penelitian lebih lanjut, pembahasan yang sama terkait kinerja usaha dapat ditambahkan dengan menggunakan indikator seperti tingkat pendidikan, tingkat usia, minat pengunjung, harga dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Usaha, Revitalisasi, Pasar Tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Juli Husniati sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:59
Last Modified: 12 Jul 2024 08:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25752

Actions (login required)

View Item View Item