ANALISIS PENGARUH RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABEL PERMODERASI (STUDI EMPIRIS PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS)

DIMAS, SAPUTRA (2024) ANALISIS PENGARUH RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABEL PERMODERASI (STUDI EMPIRIS PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIMAS SAPUTRA_ANALISIS PENGARUH RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI STUDI EMPIRIS PADA GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pinjaman Online merupakan fenomena perpaduan teknologi dengan fitur keuangan yang semakin dikenal dan mudah digunakan dan dapat menjadi alternatif pembiayaan selain sektor perbankan dan lembaga keuangan non-perbankan lainnya. Faktor kemudahan dalam menggunakan layanan pinjaman online membuat Generasi Z cenderung memiliki minat dalam menggunakannya. Namun risiko yang terdapat didalamnya tidak dapat dipungkiri dan kepercayaan pengguna menjadi faktor dalam menumbuhkan minat menggunakan pinjaman online dikalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Pinjaman Online dengan Kemudahan Sebagai Variabel Pemoderasi pada Generasi Z di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapub teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Metode Regression Analysis (MRA). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Berdasarkan analisis menggunakan program IBM SPSS 26, hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel risiko dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan pinjaman online. Kemudian variabel kemudahan merupakan variabel pemoderasi dan dapat memoderasi pegaruh risiko dan kepercayaan terhadap minat menggunakan pinjaman online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Risiko, Kepercayaan, Kemudahan, Minat Menggunakan, Pinjaman Online.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: DIMAS SAPUTRA sdr
Date Deposited: 13 Jul 2024 01:21
Last Modified: 13 Jul 2024 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25725

Actions (login required)

View Item View Item