STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL PRODUCT CONCEPT PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI PURBALINGGA

Ikhwandi, Arifin (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL PRODUCT CONCEPT PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI PURBALINGGA. Doctoral thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKHWANDI ARIFIN_STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TOTAL PRODUCT CONCEPT PADA MADRASAH IBTIDAIYAH DI PURBALINGGA.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran pendidikan dalam perspektif total product concept merupakan pendekatan holistik yang mengintegrasikan kualitas produk, harga terjangkau, promosi efektif, dan distribusi informasi luas untuk memberikan pengalaman pendidikan komprehensif dan memuaskan bagi siswa dan orang tua.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang strategi pemasaran pendidikan dalam perspektif total product concept di Madrasah Ibtidaiyah kabupaten Purbalingga. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait tentang strategi pemasaran pendidikan dalam perspektif total product concept pada Madrasah Ibtidaiyah di Purbalingga. Penelitin ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka bidang kurikulum, guru, dan orang tua peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah tentang strategi pemasaran pendidikan dalam perspektif total product concept pada Madrasah Ibtidaiyah di Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan total product concept pada Madrasah Ibtidaiyah di Purbalingga mengintegrasikan semua aspek layanan pendidikan, termasuk fasilitas fisik, kurikulum, dan program ekstrakurikuler untuk memberikan pengalaman yang komprehensif bagi siswa dan orang tua. Bauran pemasaran mereka mencakup produk berkualitas, harga terjangkau, promosi melalui berbagai saluran, dan distribusi informasi yang luas. Tahapan penerapannya meliputi identifikasi kebutuhan pasar, pengembangan produk, strategi pemasaran, implementasi, dan evaluasi kinerja. Tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan sumber daya dan persaingan, namun ada peluang dari dukungan pemerintah dan kemitraan. Dampak strategi ini sangat signifikan dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat, jumlah pendaftar, dan dukungan dari pemerintah. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Total Product Concept, dan Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Total Product Concept, dan Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary
Depositing User: Ikhwandi Arifin sdri
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:48
Last Modified: 23 Jul 2024 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25706

Actions (login required)

View Item View Item